Jumat, 27 Maret 2020

Kotagede Yogyakarta

Google Map

Kotagede atau Kutagede yaitu sebuah kecamatan di Kota Yogyakarta, Provinsi Kawasan Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Batas-batas Kecamatan Kotagede yaitu sebagai berikut.

Utara : Kecamatan Umbulharjo dan Kecamatan Banguntapan, Bantul
Timur : Kecamatan Banguntapan, Bantul
Selatan: Kecamatan Banguntapan, Bantul
Barat : Kecamatan Banguntapan, Bantul dan Kecamatan Umbulharjo
Nama 'Kotagede' diambil dari nama kawasan Kota Lama Kotagede, yang terletak di perbatasan kecamatan ini dengan kabupaten Bantul di sebelah selatan.

Daftar konten
1 Sejarah
2 Wilayah yang terbelah
3 Daftar kelurahan di Kotagede
4 Tempat Wisata
4.1 Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Luhur Mataram
4.2 Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka
4.3 Kawasan Sentra Kerajinan Perak Jalan Kemasan
4.4 Pasar Legi
5 Institusi pendidikan
6 Pranala luar

Sejarah

Kotagede anggota dari Kasunanan sebelum 1952
Sebelum 1952 wilayah ini yaitu anggota dari Kasunanan Surakarta (merupakan sebuah enklave)

Semula, Kotagede yaitu nama sebuah kota yang yaitu Ibukota Kesultanan Mataram. Selanjutnya kerajaan itu terpecah menjadi Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Wilayah yang terbelah
Wilayah Kecamatan Kotagede beberapa dulu yaitu anggota dari bekas Kota Kotagede ditambah dengan kawasan sekitarnya. Sedangkan anggota lain dari bekas Kota Kotagede kehadiran di wilayah Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Kondisi seperti itu kadang-kadang menyulitkan untuk menimbulkan Kotagede dalam konteks sebagai bekas Kota yang masyarakatnya mempunyai kesatuan sosiologis dan antropologis. Sampai sekarang masyarakat bekas Kota Kotagede dalam keaktifan sosial sehari-hari masih sangat solid dalam kesatuan itu.

Kesulitan pembangunan oleh pemerintah muncul di dunia ketika penanganan dimainkan oleh stake-holder pemerintah di tingkat Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. Pemerintah Kota Yogyakarta hanya mampu menyentuh wilayah bekas Kota Kotagede yang masuk wilayah Kota Yogyakarta. Demikian juga Pemerintah Kabupaten Bantul hanya dapat meneyentuh wilayah yang masuk Kabupaten Bantul.

Soliditas masyarakat tersebut membangun sebuah kesatuan wilayah yang tak terpisahkan sebagaimana dulu batasan wilayah Kota Kotagede ini masih eksis. Wilayah bekas Kota Kotagede harus ditangani oleh dua unit Pemerintah yang lain. Dalam konteks otonomi kawasan sekarang ini, ketika kewenangan tingkat Kabupaten dan Kota relatif luhur, makin terasakan betapa mereka harus menghadapi 2 (dua) kepandaian yang lain untuk satu kesatuan wilayah tersebut. Aib satu contoh permasalahan yang segera dapat diamati atau dirasakan masyarakat yaitu bila menyangkut penanganan kawasan heritage. Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul mempunyai perbedaan prioritas. Maka masyarakat Kotagede harus atau bertambah sering berinteraksi dengan Pemerintah Propinsi Kawasan Istimewa Yogyakarta.

Sebagai kota tua bekas Ibukota kerajaan, Kota Kotagede yaitu kota warisan (heritage) yang amat berpotensi untuk kemakmuran masyarakatnya. Namun hambatan pembagian wilayah pemerintahan akan terus menjadi permasalahan yang tak pernah dibahas dalam tingkat kemauan politik, kecuali masyarakatnya menghendaki.

Daftar kelurahan di Kotagede
Kelurahan Rejowinangun yang memiliki kode pos 55171
Kelurahan Prenggan yang memiliki kode pos 55172
Kelurahan Purbayan yang memiliki kode pos 55173
Tempat Wisata
Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Luhur Mataram

Aib satu pintu gerbang di kompleks makam raja-raja di Kotagede.
Suasana tradisional masih sangat terasa di kota ini, misalnya terlihat di kompleks Masjid Luhur Mataram yang terasa masih seperti di lingkungan kraton, lengkap dengan pagar batu berelief meliliti mesjid, pelataran yang luas dengan beberapa pohon sawo kecik, serta sebuah bedug mempunyai ukuran luhur.

Selain itu di Kotagede juga terdapat makam raja-raja Mataram bernama komplek Pasarean Mataram dimana terdapat sela lain makam Panembahan Senopati. Namun kemudian komplek makam raja-raja Mataram selanjutnya dipindahkan ke kawasan Imogiri oleh Sultan Luhur Hanyokrokusumo saat masa pemerintahannya.

Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka
Kawasan Sentra Kerajinan Perak Jalan Kemasan
Kawasan ini dikenal dengan kerajinan peraknya yang terletak di sepanjang Jalan Kemasan sampai pertigaan eks-Bioskop Istana.

Pasar Legi
Ke luar dari Komplek Makam Raja-Raja pengunjung akan disambut oleh kemeriahan Pasar Kotagede yang selalu ramai setiap hari. Namun terdapat suasana lain apabila telah tersedia ke Pasar Kotagede di kala penanggalan Jawa menunjukkan hari pasaran Legi. Pasar Kotagede akan bertambah ramai dan sesak patut oleh penjual maupun pembeli, bahkan area pasar dapat bertambah sampai muka Kantor Pos/TK ABA. Oleh karena itu, oleh beberapa luhur penduduk Kotagede, pasar ini bertambah dikenal dengan nama Pasar Legi. Kipo dan yangko yaitu makanan khas Kotagede yang dapat diperoleh di Pasar Legi dan sekitarnya.

Institusi pendidikan
SD Muhammadiyah Kleco Yogyakarta
SD Kotagede 5 Yogyakarta
SMP Negeri 9 Yogyakarta
SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta
SMA Negeri 5 Yogyakarta
SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
SMA IT Abu Bakar Yogyakarta
Stisip Kartika Bangsa Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar