Sabtu, 18 April 2020

Jarak Ke Kotagede Dari Malioboro Jogja



Kotagede Jogjakarta berada pada arah tenggara dari Malioboro Jogja. Jarak dari Malioboro menuju ke Kotagede sekitar 6 km. Anda dapat menempuh perjalanan menuju Kotagede dari Malioboro dengan kisaran waktu hanya 15 menit menggunakan alat transportasi sepeda motor. Jika menggunakan mobil, waktu akan menjadi sedikit lebih lama karena macet, yaitu pada sekitar 20-25 menit. Hal ini tergantung dari kondisi lalu lintas dan tingkat kemacetan pada hari terkait.

Namun ada cara yang lebih menarik untuk bisa sampai di Kotagede, jika Anda mau, maka cara ini justru akan membuat hari berwisata Anda semakin bermakna, yaa benar. Anda bisa menggunakan Andong ataupun Becak untuk bisa sampai di Kotagede. Moda transportasi tradisional ini akan membuat perjalanan Anda lebih rilex, dan Anda akan lebih diuntungkan karena bisa menikmati setiap jengkal jalan yang ada di Jogja karena kecepatan meluncur tidak secepat mobil ataupun motor pribadi.

Perjalanan yang lambat akan membuat Anda semakin banyak mendapatkan view yang lebih detail dari perjalanan Anda ke Kotagede. namun begitu, Anda tidak boleh tergesa-gesa saat ingin menaiki becak atau andong ini, karena alat transportasi ini tidak diperuntukkan untuk orang-orang yang lagi dikejar waktu, maklum kecepatannya adalah pada kategori "sedang " - "lambat", hehe.

Dari Maliboro Jogja, Anda akan dibawa ke arat timur melewati Kantor Pos Gede di Titik Nol Jogja. Dari sini Anda akan menuju ke jalan Kusuma Negara. Sekitar 10 menit Anda akan sampai di jalan ke arah selatan, menyusuri daerah Kali Mambu yang saat ini sudah tidak mambu lagi :D. Setelah sampai di sekitar XT-Square, Anda akan dibawa ke selatan lagi, melalui jalan serong agak ke selatan-timur, jalan ini disebut Jalan Pramuka. Setelah melalui cabang pertigaan, Anda akan sampai di lampu merah daerah Tegal Gendu. Nah, dari sini Anda sudah memasuki daerah Kotagede. Anda lalu ambil jalan ke arah timur dari lampu merah ini, ada gerbang atau gapura bata berwarna coklat tanda Anda telah memasuki area Kotagede. Ini ditandai juga dengan tampak beberapa toko di kanan dan kiri ada toko perak besar, seperti Ansor Silver, HS Silver dan lain-lain, setelah melewati jembatan Tegal Gendu yang dalam sejarah perjuangan Indonesia, jembatan ini terlihat di dalam film Janur Kuning, yang bercerita tentang Pak Harto (Suharto), Presiden-2 Republik Indonesia dalam memimpin Serangan Umum 1 Maret 1949 di Jogjakarta.



Demikian semoga Anda dapat terbantu dengan pemaparan ini. Lain waktu akan kami lengkapi lagi.
Selamat menikamati suasana Kotagede.
Terimakasih

Komentar Anda kami tunggu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar