Senin, 06 April 2020

Pasar Kotagede Jogjakarta, Indonesia

Pasar Kotagede adalah jantung perekonomian masyarakat Kotagede dan sekitarnya. Pasar Kotagede telah ada sejak jaman Kerajaan Mataram dan merupakan satu komponen penting sebuah kerajaan pada masa itu yang biasanya memang selalu dibangun bersama dengan masjid sebagai pusat kegiatan rakyat.

Pasar Kotagede akan ramai dikunjungi para penduduk pada hari pasaran legi, pasaran legi adalah hari penanggalan jawa dan merupakan salah satu hari dari lima hari yang ada yaitu pahing, pon, wage, dan kliwon.



Letak Geografis
Pasar Kotagede terletak di tengah-tengah wilayah Kotagede dan sangat strategis untuk didatangi semua penduduk Kotagede dari segala penjuru. Pasar Kotagede terletak di selatan jalan Modorakan dekat dengan pertigaan kantor pos Kotagede. Jika dilihat dari atas, wilayah pasar Kotagede akan terlihat seperti draft berikut ini:

Komoditas Pasar Kotagede
Komoditas di Pasar Kotagede sebenarnya tidak jauh berbeda dengan barang yang ada di pasar-pasar lain di Indonesia khususnya di Jogjakarta. Ada komoditas berupa bahan pangan, kuliner, makanan rakyat, barang pernak-pernik, mainan anak, pakaian, sampai ke peralatan dapur dan peralatan rumah tangga lainnya.


http://sintacarolina.blogspot.com/2011/08/suasana-ramadhan-di-pasar-kotagede.html



Keunikan Pasar Kotagede
http://sintacarolina.blogspot.com
Pada saat tanggal pasaranjawa menunjukkan "Legi", Pasar Kotagede dijejali dengan orang-orang yang ingin melakukan belanja dan bertransaksi. Pada hari pasaran ini, para penjual dari semua wilayah Kotagede dan sekitarnya berkumpul jadi satu di pasar, bahkan karena saking banyaknya yang datang, mereka terpaksa menggelar barang dagangannya disekitar jalan yang melingkari pasar Kotagede. Antusiasme masyarakat pun tak kalah hebat, orang-orang akan berbondong-bondong datang ke Pasar Kotagede walau kadang hanya untuk sekedar melihat-lihat, ataupun memang ada keperluan untuk berburu barang dagangan, barang dagangan  dapat berupa benda mati maupun benda hidup termasuk hewan-hewan peliharaan. Pada saat seperti ini, hewan merpati, burung kicau dan burung hias mendominasi komoditas dagangan. Pukul 9-11 pagi adalah waktu tersibuk pada saat hari pasaran, para pedagang dan pembeli tumpah-ruah menjadi satu sampai memadati jalan raya di depan pasar, pada saat seperti ini kemacetan tak akn terhindarkan, bahkan hingga satu kilometer keluar pasar Kotagede.






Foto-foto kegiatan di Pasar Kotagede







2 komentar:

  1. wah, aku baru tau kalau pasar ini ramai ketika hari pasaran legi.
    thanx infonya, fotonya juga bagus2 :)

    2 hal yang aku suka dari pasar ini adalah: (1) pasarnya cukup bersih untuk ukurusan pasar tradisional. aromanya aroma khas toko kelontong, bukan aroma sampah. (2) pedagang-pedagang di sana kayaknya sudah biasa difoto, jadi cuek aja dan nggak curiga. hehehe

    BalasHapus