Selasa, 20 Desember 2011

Kotagede Akan Jadi Tujuan Wisata Utama



YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta berencana terus mempromosikan Kotagede sehingga bisa menjadi tujuan wisata utama di Kota Yogyakarta selain Malioboro dan Keraton. "Potensi Kotagede untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata utama cukup besar, sehingga sangat tepat bila menjadi pusat tujuan wisata utama di Yogyakarta," kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) Dedy Pranawa Eryana di Yogyakarta, Selasa (14/6/2011).

Menurut Dedy, sejumlah potensi wisata yang cukup menarik di Kotagede di antaranya adalah kerajinan perak, kuliner, wisata ziarah seperti masjid dan juga makam raja-raja, serta kehidupan sehari-hari masyarakat yang cukup unik. "Saya pikir, potensi wisata di Kotagede tersebut dapat dijual seperti halnya di Penang, Malaysia, yaitu menjual wisata heritage dan itu laku keras," katanya.




Dedy melanjutkan, potensi Kotagede tersebut dapat laku dijual tidak hanya untuk wisatawan mancanegara, tetapi juga untuk wisatawan domestik.


Namun demikian, Dedy mengatakan, pengembangan Kotagede menjadi tujuan wisata utama di Kota Yogyakarta tersebut tidak hanya memerlukan kesiapan fisik, tetapi juga sumber daya manusia. "Tetapi, potensi wisata di daerah tersebut cukup banyak dengan wisata budaya sebagai ikonnya," lanjutnya.


Dedy menambahkan, aksesibilitas wisatawan ke Kotagede masih terbatas, sehingga memerlukan tambahan fasilitas penunjang yaitu kantong parkir. "Potensi-potensi wisata di Kotagede tersebut tidak hanya akan diminati oleh wisatawan mancanegara tetapi juga wisatawan domestik, meskipun pilihan jenis wisatanya berbeda," katanya.


Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar